Irup Upacara Pj Bupati Tekankan Ideologi Pancasila dan Apresiasi Tim Saber Pungli

SMARTIZEN — Irup Upacara Pj Bupati Tekankan Ideologi Pancasila dan Apresiasi Tin Saber PungliP, Pemkab Muara Enim menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-79 tahun 2024 Tingkat Kabupaten Muara Enim, Senin (3/6/2024 di halaman Kantor Bupati Muara Enim. Dimana Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) dan diikuti oleh Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim, Liono Basuki, unsur Forkopimda dan para kepala perangkat daerah di lingkup Pemkab Muara Enim.

Dikesempatan ini juga Pj Bupati melaksanakan penyerahan SK Pensiun dan dana bantuan pegawai purnabakti serta penghargaan Tim Satuan Tugas Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Muara Enim.

Dalam sambutannya, melalui amanat dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Pj. Bupati menekankan bahwa Pancasila sebagai ideologi bangsa jangan hanya menjadi slogan semata, melainkan harus benar-benar diterapkan dalam seluruh aspek kehidupan sehari-hari.

” Pancasila sebagai ideologi bangsa jangan hanya menjadi slogan semata, melainkan harus benar-benar diterapkan dalam seluruh aspek kehidupan sehari-hari dalam mempersatukan masyarakat Indonesia yang beragam guna menyukseskan cita-cita nasional, yaitu menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat yang selaras dengan tema kali ini, ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045,”ungkap Pj Bupati dalam amanatnya.

Kemudian, Pj Bupati juga mengatakan seiring dengan perkembangan zaman dan perubahan teknologi yang begitu cepat, ia berharap kaum milenial dapat menyongsong masa depan uang lebih baik lagi.

“Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa di masa yang akan datang,”ajaknya.

Terakhir, ia mengucapkan terimakasih kepada ASN yang memasuki purna bakti dam terima kasih atas dedikasinya serta ia juga mengapresiasi kinerja Tim Siber pungli Polres Muara Enim.

“Atas nama Pemkab Muara Enim saya mengapresiasi kinerja Personil Polres Muara Enim yang berkomitmen berantas pungli di wilayah kabupaten Muara Enim setya kami juga menyampaikan terima kasih atas dedikasinya para ASN masuk usia purna bakti,”pungkasnya.

 

Seusai upacara, Pj Bupati didampingi Pj Ketua TP PKK Rose Mafiana dan Sekda Yulius juga menyerahkan SK Pensiun dan dana bantuan bagi 7 orang pegawai purnabakti, serta SK Kenaikan Pangkat bagi 4 orang pegawai Pemkab Muara Enim.

Kemudian diserahkan juga penghargaan kepada Tim Saber Pungli Kabupaten Muara Enim yang diterima Wakapolres Muara Enim, Kompol Roy Aprian Tambunan atas capaian tertinggi dalam penindakan operasi tangkap tangan (OTT) di Sumatera Selatan, khususnya dalam penertiban Pungli jalan lintas nasional Tanjung Agung-Lawang Kidul berdasarkan penilaian Irwasda Polda Sumsel selaku Ketua Tim Unit Pemberantas Pungli (UPP) Provinsi Sumatera Selatan.